Kamis, 23 Juni 2016

Pengaruh Budaya Terhadap Perkembangan Teknologi

0







Budaya pada hakikatnya adalah suatu hal yang diturunkan secara turun – temurun oleh nenek moyang kita. Semua hal itu cukup luas, contohnya adalah  sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaianbangunan, dan karya seni. Sedangkan teknologi adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara untuk melakukan sesuatu. Misalnya dengan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menciptakan mesin atau perangkat untuk membuat hal-hal agar suatu pekerjaan mudah untuk dilakukan. Namun, seiring perkembangannya zaman, budaya dan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan.

Manusia memang tidak dapat dipisahkan dari teknologi; teknologi terkandung didalam dirinya dan didalam cara-cara hidupnya dalam masyarakat. Sebaliknya teknologi tidak dapat terlepas dari manusia, teknologi itu hanya ada karena diciptakan oleh manusia. Kemampuan berpikir manusia yang sistimatis, analitis, mendalam dan berjangka panjang menghasilkan ilmu pengetahuan. Ilmu Pengetahuan melahirkan teknologi, yaitu cara-cara untuk menghasilkan barang atau jasa. Manusia memanfaatkan teknologi untuk menyempurnakan proses-proses nilai tambah yaitu proses-proses merubah bahan mentah dan barang-barang setengah jadi menjadi barang-barang jadi yang memiliki nilai yang lebih tinggi.

Pada zaman sekarang ini terutama memasuki abad ke 21 perkembangan teknologi terasa luar biasa terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi. Walaupun tujuan utama iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Perkembangan iptek terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya pada waktu singkat. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kefanaan dunia.

Dari berkembangnya teknologi informasi komputer yang pesat ini, peran serta masyarakat sangat besar dari perkembangannya. Hal ini dikarenakan perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah budaya sebagian besar masyarakat dunia, terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat diseluruh dunia telah mampu berinteraksi dan memperoleh informasidalam waktu singkat berkat teknologi komunikasi dan informasi yang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa.
Teknologi komunikasi akan selau berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan ini dikarenakan adanya pengaruh globalisasi dan dampak dari negara maju yang semakin peka terhadap teknologi komunikasi. Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan, sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien.



Inovasi dan fungsi baru dalam teknologi komunikasi mempengaruhi dalam perkembangan teknologi komunikasi. Inovasi sendiri diciptakan dalam teknologi  untuk memberikan dampak positif dan memberi banyak kemudahan bagi aktifitas manusia. Jenis pekerjaan yang dulunya hanya dapat di kerjakan menggunakan fisik kini dapat di kejakan menggunakan perangkat teknologi. Munculnya teknologi  komunikasi dan informasi membawa dampak positif dan dampak negatif  di beberapa bidang yaitu :

Dampak Positif Perkembangan Budaya Teknologi di bidang Industri
Dapat dengan mudah mendapatkan informasi – informasi yang akurat dari seluruh dunia melalui internet. Mudahnya berkomunikasi jarak jauh dengan teman atau keluarga melalui perangkat teknologi. Sehingga memudahkan dalam berkomunikasi jarak jauh. Hal ini dianggap lebih efisien. Dengan berkembangnya teknologi  mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.Terjadi industrrilisasi, kemajuan teknologi mengakibatkan munculnya perusahaan- perushaan baru dan menjadikan sebuah daerah menjadi daerah industry. Teknologi komunikasi dan informasi mempengaruhi produktifitas di bidang industri yang semakin meningkat. Terjadinya persaigan di dunia kerja, sehingga menuntut para pekerja untuk lebih kreatif dan lebih giat juga menambah pengetahuan yang dimiliki.

Dampak Negatif Perkembangan Budaya Teknologi di bidang Industri
Penyalahgunaan informasi oleh pihak tertentu di situs tertentu dengan tujuan yang tertentu. Mudahnya dalam mengakses internet menyebabkan semua informasi dapat di ketahui, hal ini menyebabkan kurangnya privasi pada setiap orang. Munculnya sikap konsumtif, yaitu sikap yang ingin selalu memliki barang yang diinginkan. Prilaku ini berdampak pada masyarakat.  Pergeseran budaya lama menjadi budaya baru. Budaya lama mulai ditinggalkan karena dianggap tidak sesuai akan kemajuan zaman.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi  yang begitu pesat dan sangat berpengaruh untuk masyarakat menimbulkan globall village. Global village adalah istilah untuk situasi dimana masyarakatnya hidup dengan teknologi yang semakin berkembang. Dalam kesehariannya masyarakat menggunakan  teknologi. Global village di deskripsikan untuk pengguna internet. Internet menyatukan seluruh dunia dan membuat satu dengan yang lainnya menjadi tersambung. Sehingga dapat berkomunikasi dengan mudah. Global village menggambarkan arus globalisasi saat ini. Globaliasi mempermudah pengguna untuk mengakses semua informasi. Pada global village jarak dan waktu bukan lagi menjadi halangan karena sudah dapat mengakses informasi di mana saja dan kapan saja dengan internet.
 Teknologi komunikasi dan informasi  membawa banyak dampak dan manfaat hingga bisa membentuk global village. Di sini kita sebagai pengguna teknologi itu sendiri di tuntut untuk bijak dalam penggunaanya karena kemajuan teknologi akan terus terjadi dan berlanjut tanpa henti dan akan membawa dampak perubahan bagi penggunanya.

Sumber :




0 komentar:

Posting Komentar