Selasa, 12 Januari 2016

MAKALAH KEHIDUPAN SOSIAL NEGARA DUNIA : SRI LANKA

0








BAB 1

PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

            Nama resmi negara ini adalah Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka. Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di sebelah utara Samudera Hindia di pesisir tenggara India. Hingga tahun 1972, negara ini dikenal dengan nama Ceylon, sebutan yang diberikan pada masa kolonialisme Inggris atau di bawah penjajahan Britania. Pulau ini juga dikenal dengan nama Lanka, Lankadeepa, Simoundou, Taprobane, Serendib dan Selan. Ibu kota dari Negara ini sendiri adalah Colombo. Sri Lanka merdeka pada 4 Februari 1948 dan merupakan anggota negara-negara persemakmuran.
            Mungkin tidak banyak orang yang ingin berwisata ke Sri Lanka dikarenakan banyak orang yang berfikir orang-orang di Sri Lanka didengar cukup “beringas” jika melihat perempuan. Tetapi pikiran tersebut harus kita hilangkan, karena nyatanya penduduk Sri Lanka sangat ramah terhadap wisata asing.

1.2 Batasan Masalah

Batasan masalah pada penulisan ini adalah hanya menyampaikan sejarah Sejarah Negara Sri Lanka, sifat dasar bangsa Negara Sri Lanka dan juga perkembangan budaya yang terjadi di Negara Sri Lanka.

1.3 Tujuan Penulisan

           Tujuan dari penulisan ini untuk membantu masyarakat umum memperoleh pengetahuan umum dan memahami tentang sejarah Negara Sri Lanka, sifat dasar bangsa Negara Sri Lanka dan perkembangan budaya yang terjadi Negara Sri Lanka sampai saat ini serta memudahkan para pembaca karena tidak perlu membawa buku tebal.




BAB 2

PEMBAHASAN


2.1 Sejarah Sri Lanka

Negara yang terkenal dengan produksi teh ini pada abad kelima didatangi sekelompok etnis yang berasal dari daratan India bagian selatan. Kelompok ini kemudian menetap di wilayah pesisir pantai sebalah barat. Mereka membangun sarana irigasi guna menunjang kehidupan mereka.
Selain etnis dari daratan India, pada abad ke-12 wilayah ini kedatangan suku/etnis dari kelompok lain. Etnis ini membangun sebuah kerajaan pada abad ke-14. Etnis ini menempati wilayah Sri Lankadi pesisir pantai sebelah timur.
Wilayah ini dilalui jalur perdagangan dari barat hingga timur maka banyak pula pendatang yang berdatangan dan memutuskan menetap di wilayah ini. karena hal ini terdorong niat para kelompok etnis untuk menguasai wilayah. Hal ini menyebabkan banyak pertentangan sampai abad ke-15
            Pada tahun 1900, penduduk asli wilayah ini mulai tumbuh rasa nasionalisme. Mereka pun mengajukan rancangan konstitusi dan pada tahun 1931 konstitusi tersebut secara resmi dapat menjalankan pemerintahan yang baru.

2.2 Sifat Dasar Bangsa Sri Lanka

Sri lanka termasuk dalam Ras Australoid, dimana ciri khas dari Ras ini adalah mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam. Sekitar 69% populasi di Sri Lanka berasal dari Suku Sinhala, yang mayoritas beragama Buddha mazhab Theravada. Kelompok besar lainnya adalah Suku Tamil 18% yang mayoritas beragama Hindu 15%, dan tinggal di sebelah utara dan timur. Suku Tamil dibagi lagi kepada dua kelompok: Tamil Asli dan suku Tamil yang merupakan pendatang baru dari India.
Agama-agama terbesar adalah Buddha (70%) dan Hindu (15%). Sekitar 7% dari populasi beragama Kristen, dan agama muslim sekitar 8%.
Gambar 2.1 Penduduk Sri Lanka


2.3 PERKEMBANGAN BUDAYA DAN BANGSA SRI LANKA

            Tiap tahun di Sri Lanka diadakan festival yang merupakan bagian dari budaya sosial mereka. Festival ini diadakan untuk mengungkapkan rasa syukur untuk merayakan tradisi, kehidupan, dan agama. Festival yang paling utama di Sri Lanka adalah Festival Esala. Festival ini diadakan untuk menghormati agama budha. Berbagai tarian dan parade melibatkan setiap orang dan gajah yang dihias akan berparade di jalan-jalan ibukota dan di daerah yang merayakan festival tersebut.



Gambar 2.2 Tarian di Festival Esala               Gambar 2.3 Prosesi Katharagama Devale



BAB 3

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Sri Lanka adalah Negara yang beribukotakan Kolombo. Sri Lanka terletak di benua asia tepatnya di asia selatan. hingga tahun 1972 dunia Internasional menyebut negara ini dengan nama Ceylon. Sri lanka termasuk dalam Ras Australoid, dimana ciri khas dari Ras ini adalah mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam. Agama-agama terbesar adalah Buddha (70%) dan Hindu (15%). Sekitar 7% dari populasi beragama Kristen, dan agama muslim sekitar 8%. Tiap tahun Sri Lanka mengadakan festival yang dinamakan Festival Esala yang bertujuan untuk menghormati agama Budha.



DAFTAR PUSTAKA


http://www.bimbie.com/sejarah-sri-lanka.htm diunduh pada tanggal 2 Oktober 2015 pukul 07:40.
http://www.bimbie.com/sosial-budaya-di-negara-sri-lanka.htm diunduh pada tanggal 2 Oktober 2015 pukul 07:40.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sri_Lanka#Penduduk Halaman ini terakhir diubah pada 3 Oktober 2015, pukul 11:41
https://en.wikipedia.org/wiki/Kandy_Esala_Perahera Halaman ini terakhir diubah pada 11 Oktober 2015, pukul 07:22. 
  

0 komentar:

Posting Komentar